Media Inspirasi Masa Kini

Pastikan Aman dan Lancar, BPH Migas Jamin Pasokan BBM di Lampung

SPBU, Bahan Bakar Minyak

HarianLampung.co.id –ย Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memberikan jaminan bahwa ketersediaan pasokan dan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) di wilayah Lampung dan sekitarnya akan berjalan lancar dan aman selama periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

Kesiapan Stok BBM di Terminal Panjang

Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman, menyatakan bahwa pemantauan kesiapan BBM selama libur Nataru di Lampung menunjukkan kondisi stok di terminal BBM dalam keadaan baik.

Berbicara di Fuel Terminal Panjang, Lampung, pada Rabu (27/12), Saleh menjelaskan bahwa seluruh produk, termasuk pertalite, Solar, dan LPG, berada dalam kondisi yang aman, dan distribusinya berjalan dengan lancar.

Antisipasi Peningkatan Mobilitas Masyarakat

Saleh menekankan bahwa keamanan pasokan BBM selama Nataru ini merupakan hasil antisipasi dari Pertamina Patra Niaga wilayah Lampung terhadap peningkatan mobilitas masyarakat.

Upaya ini dilakukan melalui berbagai instrumen, seperti layanan SPBU kantong di beberapa SPBU yang berpotensi banyak dikunjungi masyarakat, terutama di jalur tol dan tempat wisata.

Keselamatan dalam Operasional Pendistribusian BBM

Anggota Komite BPH Migas, Eman Salman Arief, mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan dalam pelaksanaan kegiatan operasional penyediaan dan pendistribusian BBM.

Ia menyoroti tantangan keamanan terminal BBM dan SPBU terkait pesta kembang api yang umumnya terjadi saat merayakan tahun baru.

Komitmen Pertamina untuk Kelancaran Nataru

Direktur Perencanaan & Pengembangan Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, menegaskan komitmen Pertamina dalam mendukung kelancaran penyediaan dan pendistribusian BBM selama Nataru.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak yang telah memastikan berjalannya Nataru dengan lancar.

Kesiapan Infrastruktur dan Fasilitas

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih, menambahkan bahwa untuk mengamankan pasokan BBM selama Nataru, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur dan sarana yang melibatkan 10 Terminal BBM, 2 Terminal LPG, 675 SPBU, 61 SPBE, 502 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Selain itu, 16 SPBU kantong disiagakan di titik-titik strategis, seperti jalur mudik dan area wisata, serta 15 unit motorist.

Peningkatan Konsumsi BBM Selama Nataru

Selama Nataru, terjadi peningkatan konsumsi BBM jenis gasoline, khususnya Pertalite dan Pertamax, di wilayah Sumbagsel.

Sementara itu, konsumsi Solar mengalami penurunan. Puncak arus mudik tercatat pada 23 Desember 2023, dengan arus balik diperkirakan sekitar tanggal 1 Januari 2024.

Temukan Artikel Viral kami di Google News