Media Inspirasi Masa Kini
News  

Ini Bedanya CPNS dan PPPK, Proses Seleksi Sampai Masa Kerja

Pendaftaran CPNS

HarianLampung.co.id – Simak informasi mengenai perbedaan CPNS dan PPPK, dan kapan jadwal pendaftaran seleksi CPNS PPPK 2024.

Hai, Sobat Seleb! Kabar gembira nih buat kamu yang lagi kepoin info seputar seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024.

Pemerintah lagi bakal buka pintu pendaftaran, bukan cuma buat CPNS aja, tapi juga buat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sebelum kamu nekat ikutan seleksi CPNS 2024, ada baiknya kita bahas dulu, apa sih bedanya CPNS sama PPPK? Biar kamu nggak bingung, yuk simak perbedaannya satu per satu!

1. Status Kepegawaian: PNS vs. PPPK

PNS itu kayak pegawai negeri tetap yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian (PPK) dan punya nomor induk pegawai nasional.

Nah, PPPK ini beda, mereka diangkat sebagai pegawai dengan perjanjian kerja sesuai kebutuhan instansi pemerintah.

2. Hak: Apa Sih yang Kamu Dapat?

PNS punya hak gaji, tunjangan, cuti, jaminan pensiun, dan lain-lain. Nah, PPPK juga punya hak-hak serupa, cuma ada sedikit perbedaan di sana-sini.

3. Masa Kerja: Berapa Lama Kamu Bekerja?

PNS bekerja sampe pensiun, biasanya 58 tahun atau 60 tahun tergantung jabatannya. PPPK masa kerjanya sesuai perjanjian, minimal setahun, bisa diperpanjang sesuai kebutuhan dan penilaian kinerja.

4. Jabatan: Ada Karier Gak?

PNS punya pangkat dan golongan, bisa naik jabatan terus menerus. PPPK cenderung hanya bisa di jabatan fungsional aja, tanpa jenjang karier karena masa kerjanya udah ditentuin.

5. Proses Seleksi: Gampang atau Susah?

Kalo mau jadi PNS, kamu harus lewatin 3 proses seleksi yang seru, dari Administrasi, Kompetensi Dasar (SKD), sampe Kompetensi Bidang (SKB).

Buat PPPK, cuma 2 proses seleksi, Administrasi dan Kompetensi. Tapi, di Seleksi Kompetensi, siap-siap hadapin tes manajerial, teknis, dan sosial kultural.

Jadwal Pendaftaran CPNS 2024: Kapan Buat Kamu Daftar?

Katanya, ada banyak formasi buat CPNS dan PPPK 2024 nih. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) nyatet, kebutuhan CPNS 2024 bisa mencapai 1,3 juta formasi.

Banyak tuh buat kamu yang fresh graduate!

Buat pendaftaran CPNS 2024 sendiri, masih misteri nih. Tapi, kabarnya dalam waktu dekat, Presiden Joko Widodo bakal umumin nih. Makanya, stay tuned terus ya, Sobat Seleb!

Yup, itu dia sedikit perbedaan antara CPNS dan PPPK. Semoga bisa ngebantu kamu yang lagi galau mau pilih jalan mana.

Kalau ada info terbaru, pasti bakal kita update langsung. Jadi, tetap semangat dan siap-siap buat ngejar mimpi jadi abdi negara! 🇮🇩✨

Temukan Artikel Viral kami di Google News