Media Inspirasi Masa Kini
News  

Lebaran Idul Adha 1445 Kapan, Cek Jadwal dan Hasil Sidang Isbat 1 Dzulhijjah

HarianLampung.co.id – Lebaran Idul Adha 1445 Kapan, Cek Jadwal dan Hasil Sidang Isbat 1 Dzulhijjah. Umat Islam di seluruh dunia akan segera menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024, momen istimewa untuk melaksanakan ibadah kurban.

Di Indonesia, penetapan awal Zulhijah dan Idul Adha dilakukan melalui Sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Jadwal Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H

Kemenag telah mengumumkan bahwa Sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 H akan digelar pada Jumat, 7 Juni 2024 bertepatan dengan 29 Zulkaidah 1445 H.

Baca Juga : Sinopsis Sinetron Aku Mencintaimu Karena Allah Episode 87, 6 Juni 2024

Sidang ini akan dilaksanakan di Auditorium Kemenag, Jl. MH. Thamrin, Jakarta.

Alur Sidang Isbat

Sidang Isbat akan diawali dengan Seminar Hybrid terkait kriteria penetapan awal bulan Hijriyah yang diikuti oleh perwakilan ormas Islam dan para tamu undangan.

Setelah Magrib, acara dilanjutkan dengan Sidang Isbat secara tertutup yang dihadiri oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan Ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Baca Juga : Banjir Kubu Raya Melanda Dua Desa, 5.075 Jiwa Terdampak!

Hasil sidang isbat kemudian akan diumumkan melalui konferensi pers penetapan awal Zulhijah.

Masyarakat dapat menyaksikan Sidang Isbat secara langsung melalui kanal YouTube resmi Kemenag:

Link 1: https://www.youtube.com/watch?v=j6MS8kCXpgM

Link 2: https://www.youtube.com/watch?v=nL14sCslrWg

Prediksi Muhammadiyah tentang Awal Zulhijah dan Idul Adha 1445 H

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Adha 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Penetapan ini berdasarkan perhitungan hisab hakiki wujudul hilal awal Zulhijah.

Baca Juga : Mantap, Tim Basket Garuda Muda Melaju ke Final ASG 2024, Siap Revans Lawan Filipina!

Menurut Sekretaris PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, pada Kamis 6 Juni 2024 (29 Zulkaidah) hilal Zulhijah masih belum tampak. Tinggi Bulan saat Matahari terbenam di Yogyakarta tercatat berada pada minus 3 derajat 32 menit 39 detik.

Berdasarkan perhitungan tersebut, umur bulan Zulkaidah 1445 H disempurnakan menjadi 30 hari. Sehingga awal Zulhijah akan jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Perbedaan Tanggal Antara Kemenag dan Muhammadiyah

Perlu diketahui bahwa tanggal penetapan awal Zulhijah dan Idul Adha dapat berbeda antara Kemenag dan Muhammadiyah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan metode dalam melakukan hisab.

Baca Juga : Sunendi Dihukum 12 Tahun Penjara dan Denda Rp100 Juta dalam Kasus Perburuan Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon

Namun, umat Islam di Indonesia tetap diimbau untuk mengikuti pengumuman resmi dari Kemenag terkait penetapan awal Zulhijah dan Idul Adha 1445 H.

Mari kita persiapkan diri menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan penuh khusyuk dan kegembiraan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News