Media Inspirasi Masa Kini
News  

Heboh! Tokoh Lintas Agama Minta Semua Pihak Jaga Demokrasi di Pilkada 2024

Heboh! Tokoh Lintas Agama Minta Semua Pihak Jaga Demokrasi di Pilkada 2024

HarianLampung.co.id – Ketua Dewan Syuro DPP PKB, KH Syaifullah Maksum, Mewakili Muhaimin Iskandar, Bertemu dengan Tokoh Lintas Agama di Malut

Sebagai perwakilan Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar, KH Syaifullah Maksum melakukan dialog dengan sejumlah tokoh lintas agama di Maluku Utara.

Dialog tersebut bertujuan untuk menyerap aspirasi para tokoh agama menjelang Pilkada 2024.

Pesan Penting dari Dialog

Dari diskusi tersebut, Syaifullah menyampaikan tiga pesan penting yang menjadi fokus pembicaraan.

1. Konsistensi terhadap Konstitusi

Syaifullah menekankan pentingnya konsistensi terhadap konstitusi tanpa pandang bulu, di mana konstitusi harus dijalankan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini menjadi landasan utama yang harus dipegang teguh dalam menjalankan pemerintahan.

2. Merawat Demokrasi Indonesia

Para tokoh lintas agama meminta agar PKB dan BERANI dapat merawat demokrasi Indonesia agar tetap sehat dan terhindar dari konflik yang dapat memecah belah rakyat.

Terutama menjelang Pilkada 2024 di Maluku Utara, penting untuk menjaga keutuhan demokrasi dan mencegah konflik yang tidak perlu.

3. Pemimpin Masa Depan yang Berpihak pada Rakyat

Para tokoh agama juga menitipkan pesan agar pemimpin di masa depan tidak pernah meninggalkan rakyat dan selalu menjadi contoh yang baik.

Pembangunan harus benar-benar untuk rakyat, sehingga semua lapisan masyarakat dapat menikmati hasil pembangunan di Maluku Utara.

Komitmen dalam Merawat Demokrasi

Ketua Umum DPP BERANI, Pdt. Dr. Lorens Manuputty, M.Th, menegaskan komitmennya bersama PKB untuk menjaga kebhinekaan di Indonesia. Lorens juga mengajak pihak lain untuk turut menjaga persatuan dan kesatuan di Maluku Utara menjelang Pilkada 2024.

Lorens yakin bahwa dengan adanya PKB, kekuatan radikal dan politik identitas dapat diminimalisir. Ia juga mengimbau semua pihak, termasuk calon pemimpin, untuk menghentikan eksploitasi SARA dalam kompetisi Pilkada 2024.

Aspirasi Para Tokoh Agama Lintas Iman

Sekretaris Jenderal DPP BERANI, Ardy Susanto Oey, menyampaikan bahwa pertemuan dengan tokoh lintas agama di Maluku Utara, yang diinisiasi oleh BERANI, merupakan langkah penting untuk mendengarkan aspirasi dari berbagai agama.

Aspirasi tersebut menekankan pentingnya menghormati perbedaan agama dalam melaksanakan ibadah, memberikan ruang dan kesempatan yang sama untuk setiap agama.

Selain itu, kerja nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku Utara juga perlu ditingkatkan.

Dengan upaya bersama dari PKB, BERANI, dan para tokoh agama lintas iman, diharapkan Pilkada 2024 di Maluku Utara dapat berjalan dengan damai dan demokratis.

Semua pihak diajak untuk menjaga persatuan dan kebhinekaan, serta mengutamakan kepentingan rakyat dalam setiap kebijakan dan pembangunan yang dilakukan.

Temukan Artikel Viral kami di Google News