Media Inspirasi Masa Kini
News  

Jasa Marga Raih Gelar Perusahaan Terbaik di Top 500 Fortune Southeast Asia 2024

Jasa Marga Raih Gelar Perusahaan Terbaik di Top 500 Fortune Southeast Asia 2024

HarianLampung.co.id – JAKARTA- Kabar gembira datang dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang berhasil menunjukkan eksistensinya di kancah internasional dengan berhasil masuk ke dalam jajaran 500 perusahaan terbesar dan terbaik se-Asia Tenggara versi Fortune Southeast Asia 500 Tahun 2024. Dalam daftar prestisius yang dipublikasikan oleh Fortune Southeast Asia 500 tersebut, Jasa Marga berhasil meraih peringkat ke-213, menandakan kesuksesan Perusahaan dalam meningkatkan kinerja dan kesehatan finansialnya.

Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga, Nixon Sitorus, menyatakan bahwa pencapaian tersebut menjadi bukti nyata komitmen Perusahaan dalam mengembangkan performa dan keuangan Perseroan. Nixon menegaskan, “Raihan ini menunjukkan komitmen Jasa Marga sebagai market leader industri jalan tol di Indonesia dalam menjaga pertumbuhan kinerja dan mengelola kesehatan finansial.”

Selama tahun 2023, Jasa Marga telah melaksanakan sejumlah inisiatif strategis untuk mencapai target pertumbuhan pendapatan usaha. Dari sisi top line, Jasa Marga memastikan pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru, penyesuaian tarif tol sesuai rencana bisnis, dan peningkatan pertumbuhan pendapatan usaha lainnya. Hal ini tercermin dari peningkatan Pendapatan Usaha sebesar Rp15,6 triliun atau tumbuh 12,9% di tahun 2023, dengan kontribusi pendapatan tol sebesar Rp14,0 triliun yang meningkat 12,1% dari tahun sebelumnya.

Nixon juga menambahkan bahwa Laba Bersih Perseroan mencapai Rp6,8 Triliun sepanjang tahun 2023, dengan core profit sebesar Rp2,7 Triliun atau naik 196,7% dari tahun sebelumnya. Executive Editor Fortune Asia, Clay Chandler, mengatakan bahwa daftar Fortune Southeast Asia 500 2024 mencerminkan dinamika kawasan Asia Tenggara yang ekonominya tumbuh pesat dan semakin penting dalam ekonomi global.

Sebagai operator jalan tol terbesar di Indonesia, Jasa Marga terus berkomitmen menjadi perusahaan jalan tol yang berkelanjutan. Dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi mencapai 1.264 KM, yang merepresentasikan 47% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia, serta total konsesi jalan tol yang dikelola mencapai 1.736 KM. Pada Desember 2023, Jasa Marga juga menambahkan pengoperasian Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km.

Saat ini, Jasa Marga tengah menggarap beberapa proyek jalan tol seperti Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. Perusahaan juga fokus untuk mengoptimalkan seluruh rantai nilai Perseroan melalui sinergi 3 lini bisnis yang dimilikinya. Jasa Marga juga tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol Jasa Marga Group untuk memberikan layanan optimal kepada pengguna jalan tol.

Dengan pencapaian gemilang ini, Jasa Marga semakin kokoh sebagai salah satu perusahaan terbaik dan terbesar di Asia Tenggara. Semoga prestasi ini dapat menjadi dorongan bagi Perusahaan untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

Temukan Artikel Viral kami di Google News