Media Inspirasi Masa Kini

Menteri Pertanian Serahkan Bantuan Spektakuler untuk TNI AL di Lampung! Simak Potensinya yang Luar Biasa!

Menteri Pertanian Serahkan Bantuan Spektakuler untuk TNI AL di Lampung! Simak Potensinya yang Luar Biasa!

HarianLampung.co.id – Pesawaran (ANTARA) – Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyerahkan bantuan penunjang pertanian kepada TNI Angkatan Laut (AL) di Provinsi Lampung guna mendukung ketahanan pangan daerah.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengungkapkan bahwa selama melakukan tinjauan bersama TNI AL di Kabupaten Pesawaran, Lampung, mereka menemukan lahan seluas 1.000 hektare yang hanya ditanami sekali dalam setahun. Menurutnya, ini merupakan potensi yang harus dimaksimalkan.

Untuk mendukung pengelolaan lahan pertanian dan mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif, Kementerian Pertanian memberikan bantuan berupa pompa sebanyak 28 unit, traktor 2 unit, alat semprot 20 unit, combine harvester, benih padi seluas 250 hektare, benih jagung seluas 200 hektare, bibit kelengkeng seluas 160 hektare, serta 1.000 ekor anak ayam beserta pakan dan vitamin kepada TNI AL di Lampung.

Menteri tersebut menegaskan bahwa bantuan ini akan dikelola bersama petani oleh TNI AL dan diharapkan dapat membantu menjaga ketahanan pangan daerah. Selain itu, pengelolaan yang optimal dalam sektor pertanian juga akan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar.

Dengan adanya bantuan ini, produktivitas pertanian di daerah tersebut diharapkan dapat meningkat. Misalnya, dengan bantuan pompa untuk pengairan, lahan yang awalnya hanya bisa ditanami sekali dalam setahun dapat meningkat menjadi dua hingga tiga kali tanam.

Mentan menjelaskan bahwa para anggota TNI AL akan menjadi motor penggerak dan teladan bagi masyarakat untuk ikut serta dalam menjaga ketahanan pangan daerah. Ketika TNI AL dapat menjadi teladan, diharapkan masyarakat juga akan termotivasi untuk menanam dan berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan.

Bantuan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian tidak hanya sebagai stimulus, tetapi juga sebagai upaya konkret dalam mendukung ketahanan pangan daerah. Dengan kolaborasi antara TNI AL, petani, dan masyarakat sekitar, diharapkan sektor pertanian di Provinsi Lampung dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi seluruh komunitas.

Temukan Artikel Viral kami di Google News