Media Inspirasi Masa Kini
News  

Gunung Lewotobi Meletus! Abu Vulkanik Meluncur 700 Meter ke Udara Pagi Ini

Gunung Lewotobi Meletus! Abu Vulkanik Meluncur 700 Meter ke Udara Pagi Ini

HarianLampung.co.id – Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, PVMBG: Tinggi Kolom Abu Capai 700 Meter

Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, mengalami erupsi pada hari Kamis (11/7/2024) pagi tadi. Pukul 06.55 WITA, Gunung Api Lewotobi Laki-laki meluncurkan abu vulkanik setinggi 700 meter di atas puncaknya. Informasi ini disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Lokasi Gunung Api Lewotobi Laki-laki berada di Latitude -8.5389°LU dan Longitude 122.7682°BT, dengan ketinggian mencapai 1584 meter di atas permukaan laut. Adzan Anugrah Indiarsyah, petugas pos pengamatan gunung api, menyatakan bahwa erupsi terjadi pada pukul 06:55 WITA. Tinggi kolom abu yang teramati mencapai ± 700 meter di atas puncak gunung, atau sekitar ± 2284 meter di atas permukaan laut.

Abu vulkanik yang teramati memiliki warna kelabu dan tersebar ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam dalam seismograf dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 535 detik. Adzan juga menegaskan kepada masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki serta pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 2 KM dari pusat erupsi. Selain itu, sektoral 3 km ke arah Utara-Timur Laut dan 5 KM pada sektor Timur Laut juga harus dihindari.

“Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi dari Pemerintah Daerah. Jangan terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas sumbernya,” imbau Adzan. Selain itu, masyarakat di sekitar gunung juga diminta untuk waspada terhadap potensi banjir lahar hujan jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Bagi masyarakat yang terdampak hujan abu Gunung Lewotobi Laki-laki, disarankan untuk menggunakan masker atau penutup hidung-mulut guna menghindari bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan. Informasi ini disampaikan sebagai langkah pencegahan dan perlindungan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki.

PVMBG terus memantau aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki untuk memastikan keselamatan masyarakat dan pengunjung. Pengetahuan dan kewaspadaan akan potensi bahaya gunung berapi sangat penting, sehingga informasi yang akurat dan terpercaya menjadi kunci dalam menghadapi situasi seperti ini. Tetap waspada dan ikuti perkembangan informasi terkini terkait Gunung Lewotobi Laki-laki.

Temukan Artikel Viral kami di Google News