Cek Cara Mudah Bedakan Motor 4 Tak dengan Motor 2 Tak

  • Bagikan
sumber : modifikasi.co.id

HarianLampung.co.id – Ini dia cara paling mudah untuk membedakan motor 4 tak dan motor 2 tak. Tentu bagi sebagian orang sangat mudah untuk membedakan jenis motor 2 dan 4 tak, namun bagaimana jika yang masih awam dengan hal tersebut.

Mengetahui jenis motor tentunya bisa dikatakan penting dan tidak penting, namun jika sudah menyangkut ke perawatan tentu hal tersebut sangatlah penting, terlebih lagi jika hal tersebut adalah motor milik kita. Ada hal unik yang melekat pada jenis motor 2 tak yakni kecenderungan memiliki suara bising terlebih lagi dengan aksesoris knalpot yang dipakai. Pahadal sejatinya hal tersebut tidak secara pasti, bahkan ada beberapa motor 4 tak yang memiliki suara bising karena memang disetting demikian.

Nah bagi anda yang penasaran mengenai bagaimana cara membedakan motor 4 tak dan 2 tak, HarianLampung.co.id sudah merangkum secara ringkasnya dibawa ini:

Cara Membedakan Motor 4 Tak dan 2 Tak

Komponen

Hal pertama yang dapat menjadi pembeda yakni sisi komponen mesin, kebanyakan mesin 2 tak memiliki komponen yang lebih sedikit dibanding mesin 4 tak. Komponen mesin 4 tak yang tidak ada di mesin 2 klep in maupun klep out serta noken as

Oli

Jenis pelumas atau oli yang digunakan mesin ini juga berbeda. Mesin motor 4 tak hanya perlu menggunakan satu jenis oli saja, sedangkan mesin motor 2 tak memerlukan oli samping sehingga tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis oli saja. Motor 2 tak b

Hasil Pembakaran

Dikarenakan butuh pelumas, knalpot mesin 2 tak otomatis jadi lebih ngebul atau banyak mengeluarkan asap karena oli samping ikut terbakar di ruang mesin dan dikeluarkan melalui knalpot. Mesin 4 tak cenderung tidak mengeluarkan asap, kalau iya berarti mesin motornya bermasalah.

Jumlah Langkah Piston

Perbedaan selanjutnya yaitu pada langkah piston. Seperti yang disebutkan sebelumnya, mesin 2 tak pembakaran yang terjadi pada mesin hanya 2 langkah piston. Namun pada motor dengan mesin 4 tak maka dibutuhkan 4 langkah pembakaran dalam setiap piston.

  • Bagikan