Media Inspirasi Masa Kini

Tips Mencegah Aksi Pencurian dengan Memecahkan Kaca Mobil

harianlampung.co.id – Kondisi ekonomi yang sedang sulit masa pandemik ini memungkinkan tindak kejahatan semakin meningkat. Salah satu modus dari pelaku pencurian ini adalah dengan memecahkan kaca mobil untuk mengambil barang berharga, atau mencuri mobil secara langsung. Jika kaca mobil sudah pecah, tentunya barang berharga di dalam mobil juga akan hilang tanpa pengetahuan orang lain. Oleh karena itu, untuk mencegah aksi pencurian ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil. Berikut adalah empat tips mencegah aksi pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil.

Pasang Alarm Mobil

Salah satu cara paling ampuh untuk mencegah terjadinya pencurian adalah dengan memasang alarm mobil. Alarm mobil dapat menyala ketika mendeteksi getaran. Dengan alarm menyala, maka suara alarm dapat memancing orang disekitar untuk mendekat. Fitur alarm ini sudah banyak digunakan pada mobil dengan fitur mobilizer. Dengan adanya fitur alarm ini, diharapkan dapat mencegah mobil dibawa kabur oleh pencuri.

Baca Juga  Biaya Kerusakan Mobil F1 Mick Schumacher di Jeddah Setara Beli Supercar Baru

Simpan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Untuk mencegah pencurian, sebaiknya barang-barang berharga disimpan di tempat yang tertutup. Penyediaan kompartemen tertutup seperti laci, box, dan bagasi di kabin mobil dapat membantu memberi rasa aman pada barang berharga dalam mobil. Ketika barang disimpan di tempat tertutup, maka pencuri sulit menjangkau barang-barang tersebut. Disarankan juga bagi pemiliki mobil untuk tidak menaruh barang berharga di dalam mobil agar lebih aman.

Baca Juga  Ingin Beli Mobil Bekas untuk Lebaran? Pertimbangkan Tip Berikut Ini

Pemasangan Kaca Film

Kaca film berfungsi untuk mencegah panas dari cahaya matahari masuk ke dalam mobil. Namun, berkat teknologi yang semakin maju, fungsi kaca film juga dapat mencegah kaca mobil dipecahkan oleh pencuri. Kaca film yang sudah beredar sekarang lebih kuat dan dapat melindungi kaca dari benturan benda keras tanpa mengurangi visibilitas pengemudi terhadap jalanan luar.

Pasang Gorden Mobil

Hal yang dilakukan selanjutnya adalah memasang gorden di dalam mobil. Gorden dalam mobil berfungsi sebagai pelindung privasi di kabin mobil. Selain itu, gorden juga dapat digunakan untuk melindungi barang-barang yang disimpan di dalam mobil. Dengan adanya gorden, pelaku pencurian mobil tidak bisa melihat barang berharga yang terdapat di dalam mobil.

Baca Juga  Buat yang Penasaran Jajal Motor Listrik Yamaha E01, Ini Cara dan Syarat Meminjamnya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”