News  

Total 53 BTS Telah Beroperasi di Kabupaten Manggarai, NTT

BTS di NTT
BTS di NTT

Harian Lampung – Total 53 BTS Telah Beroperasi di Kabupaten Manggarai, NTT. Pada Jumat (23/12/2022), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengungkapkan bahwa sebanyak 53 dari 66 unit Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Mangarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah siap digunakan oleh masyarakat setempat.

Menurut Menkominfo, sisa 13 BTS masih dalam proses pembangunan dan diharapkan selesai pada kuartal pertama 2023.

Baca Juga :   Menag Tekankan Pejabat di Kemenag Tutur Sosialisasikan Aplikasi Super Apps Pusaka Secara Masif

Pembangunan BTS 4G tersebut dilakukan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Telkomsel dan mitra kerja, menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Acara sosialisasi pemanfaatan infrastruktur BTS 4G dan akses internet tersebut dihadiri oleh Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, serta perwakilan dari Telkomsel dan Konsorsium Fiber Home Telkom Infra MTD.

Menkominfo Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa pemerintah akan membangun Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, untuk memberikan layanan jaringan sinyal 4G di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia yang selama ini belum terlayani.

Baca Juga :   Daftar Lokasi Vaksin Booster DKI-Tangerang dan Sekitarnya

Menkominfo menjelaskan bahwa BTS tersebut akan menjadi bagian dari infrastruktur hilir yang akan memanfaatkan infrastruktur hulu berupa jaringan pita lebar kabel serat optik yang telah masif dibangun di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dengan panjang lebih dari 600 kilometer yang terhubung ke jalur internasional di Perth, Australia.

Baca Juga :   Cek Syarat Pengajuan KUR Mikro BRI 2023, Langsung ACC, Simak Jenis Usahanya

Selain itu, Kementerian Kominfo juga menyiapkan Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-I dan Hot Backup Satellite (HBS) untuk mendukung penyediaan akses internet bagi sekolah dan layanan kesehatan di daerah tertinggal.

Gateway atau stasiun buminya sudah hampir selesai dibangun di Pulau Timor, Kabupaten Kupang, Kecamatan Amfoang, yang akan melayani seluruh wilayah provinsi.

sumber : infopublikid