News  

PM Malaysia Diagendakan Bertemu Presiden Jokowi Awal Januari 2023

Harian Lampung – Simak informasi berita terbaru dari

SIGERMEDIA.COM – PM Malaysia Diagendakan Bertemu Presiden Jokowi Awal Januari 2023. Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, akan melakukan kunjungan bilateral ke Indonesia.

Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, ini merupakan kunjungan kehormatan ke Presiden Joko Widodo, yang merupakan bagian dari rangkaian lawatan Menteri Luar Negeri Malaysia, Zambry Abdul Kadir, ke Indonesia. Pada Kamis (29/12/2022), Kadir juga telah melakukan pertemuan bilateral dengan Marsudi.

Baca Juga :   Resmi, Presiden Jokowi Cabut Kebijakan PPKM Hari Ini

Menlu Retno mengungkapkan bahwa dia dan Menlu Malaysia telah membahas mengenai persiapan dan agenda pertemuan bilateral yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim.

Presiden Jokowi menyambut baik rencana kunjungan PM Anwar ke Indonesia dan telah menugaskan Menlu Retno untuk menyiapkan program-program konkret yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Baca Juga :   Hari Raya Imlek, Gong Xi Fa Cai 2023 Jatuh Tanggal Berapa?, Cek Jadwal Cuti Bersama

Sementara itu, Anwar Ibrahim akan menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10 pada tanggal 24 November 2022 setelah disetujui oleh Yang di-Pertuan Agong Al Sultan Abdullah.

Raja Malaysia tersebut telah menyelesaikan pandangannya melalui pertemuan dengan raja-raja Melayu sebelum mengangkat Anwar Ibrahim, anggota Parlemen Tambun, sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10.

Sultan Abdullah, Yang di-Pertuan Agung, memimpin musyawarah khusus dengan raja-raja Melayu di Istana Negara pada 24 November 2022.

Baca Juga :   Daftar Tempat Wisata Di Sulawesi Tenggara

Dalam musyawarah tersebut, beliau menanyakan proses pengangkatan Perdana Menteri baru setelah Pemilihan Umum ke-15 yang berlangsung pada 19 November 2022.

Hal ini sesuai dengan kewenangan Yang di-Pertuan Agung yang diatur dalam Pasal 40 (2) (a) dan Pasal (43) (a) Konsitusi Federal.

The post PM Malaysia Diagendakan Bertemu Presiden Jokowi Awal Januari 2023 first appeared on SIGERMEDIA.COM.