News  

Waspada Cuaca Buruk, Ini Prakiraan Cuaca Jawa Timur Hari Ini, Sabtu 31 Desember 2022

Prakiraan Cuaca
Prakiraan Cuaca

Harian Lampung – Waspada Cuaca Buruk, Ini Prakiraan Cuaca Jawa Timur Hari Ini, Sabtu 31 Desember 2022. BMKG mengeluarkan peringatan bagi warga Jawa Timur, termasuk Malang, mengenai potensi cuaca yang tidak biasa pada malam tahun baru 2023.

Menurut Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso, Edythya Ferlani Wua, wilayah Jawa Timur sedang mengalami puncak musim hujan dan kondisi dinamika atmosfer yang masih signifikan, yang berpotensi menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah dalam sepekan ke depan.

Penyebab utamanya adalah aktivitas Monsun Asia yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir, serta adanya seruan dingin (cold surge) dan fenomena Cross Equatorial Northerly Surge atau arus lintas ekuatorial. Jadi, hati-hati dan jaga keselamatanmu ya, warga Jawa Timur!

Baca Juga :   Jadwal Kapal Pelni KM Dobonsolo Hari Ini, Sabtu 31 Desember 2022, Simak Rutenya

Cuaca di Indonesia, khususnya Jawa Timur, ternyata akan dipengaruhi oleh aliran massa udara dingin yang datang dari utara dan melintasi ekuator.

Hal ini dapat meningkatkan potensi hujan dan kecepatan angin di wilayah tersebut. Menurut BMKG, pagi hari di Jawa Timur akan terlihat cerah berawan, dengan tiga wilayah yang berpotensi hujan ringan, yaitu Bangkalan, Batu, dan Situbondo.

Jadi, jika kalian berada di wilayah tersebut, jangan lupa membawa payung ya!

Baca Juga :   Balitbang Lampung gelar Bimtek Komoditas Perkebunan dan Holtikultura di Lampung Barat

Di pagi hari, saat matahari mulai menyingsing, hujan lebat dengan kilat dan angin kencang mulai menghampiri wilayah Bangkalan, Batu, Bojonegoro, Jombang, Kabupaten Kediri, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kota Mojokerto, Lamongan, dan Nganjuk.

Sementara itu, wilayah Tulungagung, Tuban, Situbondo, Sampang, Ponorogo, Pacitan, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Lumajang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Blitar, Jember, dan Gresik diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga hujan sedang.

Malam sudah mulai menjelang, hujan deras mengguyur bersama dengan kilatan petir yang menyambar-nyambar di Batu, Madiun, Mojokerto, Madiun, Magetan, dan Tulungagung. Angin kencang pun terasa menerpa di daerah tersebut.

Baca Juga :   Prakiraan Ramalan Cuaca di Lampung Hari Ini

Pagi-pagi di Surabaya, kemungkinan besar akan terlihat awan mendung. Sementara di siang hari, Kota Pahlawan diperkirakan akan mengalami hujan ringan.

Namun, malam hari di Surabaya kembali akan cerah dengan awan yang terlihat. Suhu di Surabaya hari ini berkisar antara 24 hingga 33 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 60 hingga 95 persen.

Di dini hari 1 Januari 2023, hujan petir masih akan mengguyur Kota Batu dan Kabupaten Mojokerto. Sementara wilayah lainnya masih akan mengalami hujan ringan