Ini Cara Cek IMEI HP di imei.kemenperin.go.id

Ini Cara Cek IMEI HP di imei.kemenperin.go.id
Ini Cara Cek IMEI HP di imei.kemenperin.go.id

Harian Lampung – Simak beragam informasi seputar Cara Cek IMEI HP di imei.kemenperin.go.id. Pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan penerapan aturan International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk perangkat selular, komputer genggam, dan tablet.

Dengan demikian, perangkat-perangkat handphone yang tergolong dalam “black market” tidak lagi dapat digunakan selain untuk mengambil foto.

Namun, penerapan blokir IMEI ini tidak akan mempengaruhi para turis yang menggunakan layanan roaming di Indonesia.

Baca Juga :   Kumpulan Daftar Kode Redeem Genshin Impact 2022

Penggunaan skema whitelist pada penerapan blokir IMEI merupakan metode preventif untuk melindungi pelanggan dengan cara memberikan kepastian hukum terhadap perangkat sebelum dibeli oleh masyarakat.

Melalui sistem whitelist, pelanggan yang membeli perangkat seluler harus terlebih dahulu memverifikasi apakah IMEI perangkat tersebut legal atau tidak.

Jika terbukti ilegal, maka perangkat tersebut tidak akan terhubung ke jaringan operator sama sekali. Perangkat tersebut hanya bisa digunakan untuk berfoto saja.

Baca Juga :   Google Siap Jawab Pertanyaan Seputar Android 11 di Reddit

Cara untuk memeriksa legalitas IMEI perangkat adalah dengan memasukkan nomor operator ke perangkat. Kemudian, akan muncul notifikasi yang memberitahu status legalitas perangkat.

Jika perangkat tersebut terbukti ilegal, maka perangkat tersebut tidak bisa digunakan sama sekali, baik saat pembelian maupun setelahnya.

Jika Anda ingin memastikan legalitas perangkat seluler Anda, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Cek melalui situs resmi operator seluler
  2. Cek melalui pemeriksa legalitas IMEI
  3. Cek melalui kode rahasia operator seluler
  4. Cek melalui layanan customer service operator seluler.
5/5 - (49 votes)