News  

Cek Syarat KUR BRI 2023, Besaran Bunga dan Plafond

KUR Mikro BRI 2023 Kapan Dibuka, Simak Jadwal dan Persyaratan Dokumen Pengajuan Kredit Usaha
KUR Mikro BRI 2023 Kapan Dibuka, Simak Jadwal dan Persyaratan Dokumen Pengajuan Kredit Usaha

HarianLampung.co.id – Inilah informasi mengenai Kredit Usaha Rakyat, Cek Syarat BRI 2023, Besaran Bunga dan Plafond yang didapat sesuai dengan jenisnya.

Pemerintah akan membuka kembali Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI pada bulan Januari tahun 2023. Selain itu, suku bunga kredit KUR juga telah diturunkan dari 6% menjadi 3%.

Ini merupakan kabar baik bagi UMKM yang sedang mengembangkan produksinya. Penurunan suku bunga ini dilakukan untuk mengatasi risiko stagflasi dan menunjukkan dukungan pemerintah terhadap pekerja yang terkena PHK serta ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif.

Baca Juga :   KUR BRI 2023 Kapan Dibuka Lagi? Buruan Cek kur.bri.co.id

Penurunan ini juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi subsidi bunga/subsidi marjin KUR sehingga tidak membebani keuangan pemerintah dan membuat penyaluran KUR lebih tepat sasaran.

Syarat Pengajuan BRI, Cek Jenis dan Jumlah Plafond

Bagi yang berminat mengajukan BRI, dapat mempelajari syarat yang harus dilengkapi dan besaran plafond yang ditetapkan untuk tahun 2023.

Baca Juga :   Kapan SNPMB, SNMPTN 2023 Dibuka, Simak Jadwal Pendaftaran dan Alurnya

Syarat BRI – Mikro

Untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Mikro, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

– Plafond kredit yang diberikan tidak boleh melebihi Rp 20 juta.

– Suku bunga yang diterapkan adalah efektif maksimal 22% per tahun.

– Jangka waktu dan jenis kredit yang diberikan:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) maksimal 3 tahun.
  • Kredit Investasi (KI) maksimal 5 tahun. Dalam hal perpanjangan, suplesi, dan restrukturisasi, maksimal 6 tahun untuk KMK dan 10 tahun untuk KI.
Baca Juga :   Jadwal Kebumen International Expo Hari Ini, Hari Terakhir

– Agunan yang dibutuhkan:

  • Pokok: Dapat hanya berupa agunan Pokok apabila sesuai keyakinan Bank Proyek yang dibiayai cashflownya mampu memenuhi seluruh kewajiban kepada bank (layak).
  • Tambahan: Sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Pelaksana.