News  

Apakah Sudah Cair, Cek Bansos 2023 di cekbansos.kemensos.go.id

Bansos PKH 2023 Kapan Cair, Simak Tahapan dan Besaran Bantuannya
Bansos PKH 2023 Kapan Cair, Simak Tahapan dan Besaran Bantuannya

HarianLampung.co.id – Apakah Sudah Cair, Cek 2023 di cekbansos.kemensos.go.id.┬áPandemi Covid-19 yang terjadi sejak tahun 2019 hingga 2022 membuat pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat.

Meskipun pada tahun 2023 ini, beberapa jenis bansos masih akan diterima oleh mereka yang memenuhi syarat. Hal ini dikarenakan anggaran bansos untuk tahun 2023 masih cukup besar, sebesar Rp470 trilun.

Bansos yang diberikan termasuk Bantuan Pangan Non Tunai (), Bantuan Progam Keluarga Harapan (), Bantuan Progam Indonesia Pintar (), KIS PBI, BLT Dana Desa, dan Prakerja. BPNT sendiri diberikan kepada penerima manfaat sebesar Rp200 ribu per bulan.

PKH diberikan kepada beberapa kategori, seperti ibu hamil, balita, anak sekolah, lansia, dan lainnya.

Ibu hamil dan usia dini menerima Rp3 juta per tahun, siswa SD menerima Rp900 ribu per tahun, siswa SMP menerima Rp1,5 juta per tahun, siswa SMA mendapat Rp2 juta per tahun.

Sedangkan Kartu Prakerja akan diberikan kepada mereka yang lolos pendaftaran program pemerintah.

Untuk mengetahui apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima bansos tahun 2023, Anda dapat melakukan cek melalui website https://cekbansos.kemensos.go.id/.

Cara ceknya adalah dengan memasukkan wilayah penerima manfaat (Provinsi, Kab/Kota, Kecamatan, dan Desa), nama penerima manfaat sesuai dengan data yang tertera di e-KTP atau Dukcapil, dan huruf kode chapta.

Setelah itu, klik tombol ‘Cari Data’ dan sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari nama Anda jika data tersebut terdaftar sebagai penerima bansos.

Rate this post