Media Inspirasi Masa Kini
News  

Breaking News, Gunung Anak Krakatau Kembali Semburkan Abu Vulkanik Per Hari Ini, Sabtu 13 Mei 2023

Breaking News, Gunung Anak Krakatau Kembali Semburkan Abu Vulkanik Per Hari Ini, Sabtu 13 Mei 2023
Gunung Anak Krakatau

HarianLampung.co.id – Informasi mengenai Breaking News, Letusan Gunung Anak Krakatau Kembali Semburkan Abu Vulkanik Per Hari Ini, Sabtu 13 Mei 2023.

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Provinsi Lampung, kembali meletus pada Sabtu pagi (13/5/2023). Laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan bahwa Gunung Anak Krakatau mengeluarkan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 2.157 meter di atas permukaan laut.

Menurut Andi Suardi, Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya. Seismograf merekam erupsi ini dengan amplitudo maksimum 65 mm dan berdurasi 68 detik.

Penduduk dan nelayan dihimbau agar tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas di dalam radius lima kilometer dari kawah aktif. Saat ini, Gunung Anak Krakatau berada pada level III atau Siaga.

Erupsi terjadi pada pukul 10.39 WIB. Gunung Anak Krakatau juga mengalami erupsi sebelumnya pada Jumat (12/5/2023) pukul 23.20 WIB.

Erupsi tersebut melontarkan abu vulkanik dengan tinggi kolom abu sekitar 1.500 meter di atas puncak atau 1.657 meter di atas permukaan laut.

Seismograf merekam erupsi ini dengan amplitudo maksimum 70 mm dan berdurasi 86 detik.

Masyarakat di sekitar Gunung Anak Krakatau harus selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya erupsi susulan.

Meskipun terlihat indah, Gunung Anak Krakatau adalah gunung berapi yang selalu mengandung risiko bagi penduduk sekitar.

Oleh karena itu, pemerintah setempat selalu memberikan himbauan untuk selalu mengikuti perkembangan informasi dari PVMBG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Temukan Artikel Viral kami di Google News