Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Bau dan Alami

  • Bagikan
Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Bau dan Alami
Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Bau dan Alami

HarianLampung.co.id – Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Bau dan Alami. Cara Hilangkan Bau Amis di Kulkas, Cara Kulkas tetap bersih terawat, tips kulkas tetap awet.

Kulkas merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang wajib dijaga kebersihannya, pasalnya hampir semua sayuran, buah maupun makanan tersimpan didalam kulkas untuk menjaganya agar tetap segar.

Baca Juga : 7 Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Lantas bagaimana jika kulkas kotor dan bau? tentu hal tersebut sangat berkaitan erat dengan kesehatan si penggunanya, untuk itu kami rangkum secara singkat mengenai cara menghilangkan bau tak sedap di kulkas dengan bahan alami.

Cara Menghilangkan Bau Kulkas Secara Alami

Ada beberapa bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengusir bau dalam kulkas. Bahan-bahan ini bahkan bisa Anda temukan dengan mudah di rumah.

Teh
Cara menghilangkan bau pada kulkas 2 pintu atau jenis kulkas lainnya bisa dicoba dengan memanfaatkan teh. Teh dipercaya mampu menghilangkan bau busuk yang ada di kulkas. Cara penggunaannya cukup sederhana yaitu dengan memasukkan teh yang berbentuk kantong ke dalam mangkuk.

Mangkuk berisi kantong teh tersebut dimasukkan ke dalam kulkas. Perlu diketahui, bahwa cara kerja kantong teh dalam membasmi bau yaitu dengan menyerap bau busuk ke dalam kantung. Cara ini memerlukan beberapa jam agar seluruh bau dapat terserap oleh kantong teh.

Bubuk Kopi
Selain teh, Anda juga bisa mencoba menghilangkan bau tidak sedap yang ada di kulkas dengan metode bubuk kopi. Baik teh ataupun bubuk kopi mudah ditemukan di rumah. Penggunaan bubuk kopi ini dilakukan dengan mengoleskan bubuk kopi di atas piring.

Atau lebih bagus lagi jika Anda menggunakan kopi yang baru digiling, di mana aroma kopi lebih menyengat dan masih sangat fresh. Masukkan bubuk kopi tadi ke dalam kulkas dan tunggu selama 24 jam. Bau busuk dari dalam kulkas akan terserap oleh bubuk kopi. Setelah itu kulkas Anda dapat terhindar dari bau dan kini justru memiliki aroma kopi yang sangat menenangkan. Bisa dibilang, kopi menjadi salah satu pengharum kulkas alami yang layak dicoba.

Baking Soda
Cara merawat kulkas agar tidak bau bisa juga dicoba menggunakan baking soda. Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah wadah terbuka sebagai tempat untuk meletakkan baking soda. Masukkan baking soda ke wadah lalu simpan di dalam kulkas dan diamkan selama 24 jam.

Setelah 24 jam Anda dapat mengeluarkan baking soda dari dalam kulkas dan Anda bisa melihat langsung hasilnya. Bau busuk yang ada di kulkas Anda akan terserap oleh baking soda yang tadi Anda masukkan.

Cuka
Cuka juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau busuk. Cara penggunaan pun simple. Cukup tuangkan cuka ke dalam mangkuk kecil kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Diamkan cuka beberapa saat atau sampai bau kulkas berkurang.

Pemanfaatan cuka untuk menghilangkan bau tidak sedap dari kulkas bisa dilakukan dengan cara mengoleskan cuka di lapisan sekat kulkas. Setelah itu, tunggu selama 30 menit agar bau kulkas kembali fresh.

Cuka dapat membantu menetralisir bau kulkas yang sangat mengganggu. Terlebih lagi, cuka merupakan salah satu bahan alami yang cukup mudah ditemukan di dapur.

Oatmeal
Produk makanan yang banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin diet ini ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bau kulkas. Anda bisa memanfaatkan oatmeal untuk mengharumkan kulkas yaitu dengan menuangkannya ke dalam mangkuk.

Usahakan untuk menemukan mangkuk dari bahan aluminium. Setelah itu masukkan oatmeal ke dalam kulkas dan tunggu beberapa saat. Anda tidak perlu lama-lama meninggalkan oatmeal di dalam kulkas karena bahan satu ini cukup cepat dalam menyerap bau. Ketika di rasa bau busuk sudah hilang, Anda dapat segera mengeluarkan oatmeal dari dalam kulkas.

Kentang
Penyebab kulkas bau, tentu saja disebabkan salah satu faktor kulkas jarang dibersihkan. Untuk menghilangkan bau kulkas bisa juga memanfaatkan umbi-umbian seperti kentang. Ambil satu buah kentang ukuran sedang, lalu kupas dan potong kecil-kecil. Setelah itu, letakkan potongan kentang di area sumber bau yang ada di dalam kulkas. Kentang akan menyerap bau dari dalam kulkas secara perlahan.

Untuk membantu agar bau kulkas tidak muncul lagi, maka setelah kentang kering bisa diganti dengan kentang baru dan jangan lupa dipotong-potong kembali. Perlu diketahui bahwa, kentang yang sudah dikupas dari kulitnya jika tidak direndam di dalam air maka sangat mudah kering. Jika kentang sudah kering, tidak akan mampu menyerap bau dari kulkas lagi.

Arang
Bahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat bau kulkas bisa kembali fresh adalah arang. Anda bisa meletakkan arang di dalam mangkuk lalu tempatkan di bagian lemari es.

Atur suhu lemari es ke suhu paling minim dan tutup kulkas rapat rapat. Tunggu beberapa saat lalu buka kulkas Anda dan hasilnya adalah bau pada kulkas akan hilang dengan sendirinya.

Jus Tomat
Jus tomat tidak hanya enak dikonsumsi dan juga menyegarkan. Ternyata jus tomat ini bisa Anda manfaatkan untuk membantu mengembalikan aroma segar pada kulkas, selain itu jus tomat kerap kali juga dimanfaatkan untuk membantu perawatan kulkas agar tetap bersih. Caranya dengan membuat jus tomat segar tanpa gula.

Kemudian Anda juga akan membutuhkan spons untuk mengelap keseluruhan tubuh kulkas. Spons yang sudah didapat tadi akan direndam pada jus tomat yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, Anda dapat mengelap keseluruhan bagian dalam kulkas menggunakan spons yang sudah direndam. Biarkan sampai kering, lihat hasilnya kulkas tidak hanya menjadi segar kembali tapi juga bersih.

  • Bagikan