Media Inspirasi Masa Kini
News  

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB 2023 SMKN 1 Batam, Kepri Kepulauan Riau

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB 2023 SMKN 1 Batam, Kepri Kepulauan Riau

HarianLampung.co.id – Berikut ini informasi penting terkait penerimaan peserta didik baru atau siswa dan cek Pengumuman Hasil Seleksi PPDB 2023 SMKN 1 Batam, Kepri Kepulauan Riau.

Sebagai salah satu SMK unggulan di Batam, SMK Negeri 1 Batam menawarkan berbagai jalur penilaian dan seleksi bagi calon peserta didik.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan yang adil bagi semua calon peserta didik untuk bergabung dengan sekolah yang berkualitas.

Dengan berbagai jalur yang tersedia, diharapkan setiap calon peserta didik dapat menemukan jalur yang sesuai dengan potensi dan minatnya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jalur-jalur tersebut, termasuk jalur penilaian rapor, jalur akademik, jalur non-akademik, jalur minat bakat, jalur keluarga tidak mampu ekonomi, dan jalur bina lingkungan. Mari kita lihat lebih dekat setiap jalur penilaian ini.

Jalur Penilaian Rapor

Salah satu jalur penilaian yang digunakan oleh SMK Negeri 1 Batam adalah jalur penilaian berdasarkan rapor. Dalam jalur ini, calon peserta didik akan dinilai berdasarkan prestasi akademiknya yang tercatat dalam rapor.

Rapor yang baik dengan nilai yang tinggi akan menjadi keuntungan bagi calon peserta didik yang menginginkan masuk ke SMK Negeri 1 Batam melalui jalur ini.

Jalur Akademik

Selain jalur penilaian rapor, SMK Negeri 1 Batam juga memiliki jalur akademik yang merupakan jalur seleksi berdasarkan prestasi akademik calon peserta didik.

Calon peserta didik yang memiliki nilai akademik yang tinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima melalui jalur ini.

Jalur akademik ini memberikan kesempatan bagi calon peserta didik yang unggul secara akademik untuk melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 1 Batam.

Beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam jalur akademik adalah nilai rapor, nilai ujian nasional, dan prestasi akademik lainnya yang relevan.

Calon peserta didik dengan prestasi akademik yang baik dapat memilih jalur ini untuk meningkatkan peluangnya dalam seleksi.

Jalur Non-Akademik

SMK Negeri 1 Batam juga menyediakan jalur seleksi non-akademik yang memberikan kesempatan bagi calon peserta didik dengan minat dan potensi di luar bidang akademik.

Jalur ini memperhitungkan prestasi dan pengalaman calon peserta didik di bidang-bidang seperti seni, olahraga, kepemimpinan, dan lainnya.

Dalam jalur non-akademik, calon peserta didik akan dinilai berdasarkan prestasi non-akademik yang relevan dengan program-program yang ditawarkan oleh SMK Negeri 1 Batam.

Hal ini memberikan kesempatan bagi calon peserta didik yang memiliki bakat dan minat di luar ranah akademik untuk mengembangkan diri dan melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 1 Batam.

Jalur Minat Bakat

Jalur minat bakat adalah jalur seleksi yang memberikan kesempatan bagi calon peserta didik dengan minat dan bakat khusus di bidang-bidang tertentu.

Calon peserta didik yang memiliki minat dan bakat di bidang seperti musik, tari, desain, atau bidang lainnya yang relevan dengan program-program SMK Negeri 1 Batam dapat memilih jalur ini.

Dalam jalur minat bakat, calon peserta didik akan dinilai berdasarkan kemampuan dan prestasi mereka dalam bidang minat dan bakat yang dipilih.

Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan potensi dan minat mereka secara lebih khusus di lingkungan SMK Negeri 1 Batam.

Jalur Keluarga Tidak Mampu Ekonomi

SMK Negeri 1 Batam juga memiliki jalur khusus bagi calon peserta didik yang berasal dari keluarga tidak mampu ekonomi.

Jalur ini memberikan kesempatan bagi calon peserta didik yang memenuhi kriteria ekonomi yang ditetapkan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas tanpa hambatan biaya.

Calon peserta didik yang ingin mendaftar melalui jalur ini harus membawa dokumen pendukung yang menunjukkan kondisi ekonomi keluarga, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH).

Dengan jalur ini, SMK Negeri 1 Batam berkomitmen untuk memberikan kesempatan yang adil bagi calon peserta didik yang memiliki potensi akademik tetapi terkendala secara ekonomi.

Jalur Bina Lingkungan

Terakhir, SMK Negeri 1 Batam memiliki jalur bina lingkungan yang memberikan kesempatan bagi calon peserta didik yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah.

Jalur ini bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan kesempatan kepada calon peserta didik yang tinggal di sekitar SMK Negeri 1 Batam untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Dalam jalur ini, calon peserta didik akan dinilai berdasarkan faktor-faktor seperti alamat domisili, jarak tempuh ke sekolah, atau faktor-faktor lain yang relevan dengan jalur bina lingkungan.

Hal ini memberikan kesempatan bagi calon peserta didik dari lingkungan sekitar sekolah untuk dapat memperoleh pendidikan di SMK Negeri 1 Batam dengan lebih.

Informasi Pendaftaran Ulang

Persyaratan mendaftar ulang :

Lulus seleksi PPDB Kepri dibuktikan dengan membawa cetak lapor diri yang diunduh dari web PPDB Kepri https://sippdb.kepriprov.go.id ;

Bebas buta warna, dilakukan cek fisik tes buta warna, tinggi badan, bekas tato dan tindik di SMK Negeri 1 Batam saat mendaftar ulang;

Membawa dokumen asli dan fotocopy legalisir (daftar dokumen di bawah);

Melengkapi formulir Data Pokok Pendidikan SMK Negeri 1 Batam melalui web https://verval.smkn1batam.sch.id/peserta-didik/formulir-dapodik .

Jadwal dan tempat mendaftar ulang :

22 Juni 2023 Jam 08:00 WIB s.d 15:00 WIB untuk jurusan Teknik Elektronika Industri dan Teknik Komputer Jaringan;

23 Juni 2023 Jam 08:00 WIB s.d 15:00 WIB untuk jurusan Teknik Pemesinan dan Teknik Pengelasan;

24 Juni 2023 Jam 08:00 WIB s.d 15:00 WIB untuk jurusan Teknik Otomasi Industri dan Teknik Mekatronika;

Tempat mendaftar ulang di Gedung BSDC SMK Negeri 1 Batam.

Dokumen yang dibawa saat mendaftar ulang :

Lembar cetak lapor diri yang diunduh dari web PPDB Kepri https://sippdb.kepriprov.go.id ;

Asli dan fotocopy legalisir Ijazah atau Surat Keterangan Lulus;

Asli dan fotocopy Kartu Keluarga;

Asli dan fotocopy KIP atau KKS atau kartu PKH bagi yang lulus seleksi di jalur keluarga tidak mampu ekonomi;

Asli dan fotocopy sertifikat prestasi akademik/non akademik/tahfidz yang diunggah saat pendaftaran web PPDB Kepri;

Surat pernyataan kebenaran dokumen yang sudah diisi dan ditandatangani di atas materai, contoh format dapat diunduh di sini ;

Pas photo berlatar merah ukuran 3X4 sebanyak 2 lembar

Semua dokumen dikumpulkan dalam satu map dengan warna sesuai jurusan (gambar terlampir).

Temukan Artikel Viral kami di Google News