Media Inspirasi Masa Kini

Apa Itu Fenomena SuperMoon, Apa Dampak dan Cara Melihatnya

Fenomena Supermoon Bakal Tersaji Malam Ini, Cek Jadwal dan Lokasi

HarianLampung.co.id – Apa Itu Fenomena SuperMoon, Apa Dampak dan Cara Melihatnya. Mungkin ada yang bertanya, apa sih sebenarnya supermoon itu?

Supermoon adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bulan purnama yang terjadi hampir bersamaan dengan posisi bulan pada jarak terdekatnya ke Bumi, atau yang disebut perigee. Kata “supermoon” sendiri berasal dari dunia astrologi.

Untuk lebih memahaminya, kita tahu bahwa orbit bulan sekitar Bumi memiliki bentuk yang agak lonjong atau seperti bujur telur.

Nilai kelonjongan ini sekitar 1/18 atau empat kali lebih lonjong dibanding orbit Bumi mengelilingi Matahari. Selain itu, ada titik terdekat bulan ke Bumi yang disebut perigee dan titik terjauh yang disebut apogee.

Ketika bulan berada di titik terdekatnya ke Bumi saat fase purnama, maka kita akan menyaksikan fenomena supermoon.

Nah, supermoon yang akan terjadi pada 29 September 2023 ini adalah yang terakhir di tahun ini. Kita harus menunggu hingga Juli 2024 untuk melihat supermoon lagi.

Pengaruh Supermoon

Supermoon bukan hanya sekadar pemandangan indah di langit malam. Fenomena ini juga memengaruhi Bumi. Saat supermoon terjadi, pasang-surut air laut mencapai nilai maksimum.

Meskipun begitu, kita tidak perlu khawatir akan risiko banjir karena saat ini kita berada dalam musim kemarau.

Menurut para ahli, supermoon 29 September 2023 bisa disaksikan di sebagian wilayah Indonesia Timur, seperti Papua dan Maluku.

Sedangkan bagi kita yang berada di wilayah lainnya, kita bisa menikmati bulan purnama yang indah sepanjang malam.

Cara Menyaksikan Supermoon

Mungkin ada yang bertanya, bagaimana cara terbaik untuk menyaksikan supermoon ini? Nah, supermoon sebenarnya sulit dibedakan secara kasat mata dengan bulan purnama biasa.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menikmatinya.

Kamu bisa melihat supermoon dengan mata telanjang, atau jika punya kamera ponsel, kamu bisa mengabadikannya.

Namun, jika kamu memiliki teleskop dan kamera yang lebih canggih, kamu bisa mengidentifikasi supermoon dengan lebih baik sebagai bulan purnama perigee.

Jadi, bagi teman-teman yang ingin menyaksikan supermoon terakhir di tahun 2023 ini, pastikan kamu menyiapkan peralatanmu dan mencatat jadwalnya sesuai dengan wilayah tempat tinggalmu.

Temukan Artikel Viral kami di Google News