Media Inspirasi Masa Kini

Sudah Dibuktikan dan Buruan Coba, Ini Tips Dari Ahli Cara Merawat Kulkas Agar Awet dan Tahan Lama

5 Tips Merawat Kulkas 1 Pintu Agar Tetap Bersih dan Awet

HarianLampung.co.id – Cara Merawat Kulkas Agar Awet Tahan Lama: Tips dari Ahli. Kulkas adalah salah satu perangkat rumah tangga yang paling vital di dalam rumah.

Namun, tidak sedikit Moms yang merasa frustasi ketika kulkas yang mereka beli dengan harga mahal ternyata tidak bertahan lama.

Padahal, Moms sudah memilih kulkas terbaik di pasaran. Masalahnya, awet tidaknya kulkas bukan hanya ditentukan oleh harganya, tapi juga oleh cara perawatannya.

Baca Juga : 5 Tips Merawat Kulkas 1 Pintu Agar Tetap Bersih dan Awet

Nah, agar Moms tidak lagi mengalami kekecewaan tersebut, mari kita simak tips merawat kulkas agar awet tahan lama berikut ini.

Cara Merawat Kulkas Agar Awet

Dengan melakukan perawatan yang tepat, Moms bisa memperpanjang umur kulkas kesayangan di rumah.

1. Jaga Kumparan Kondensor

Kumparan kondensor adalah komponen penting dalam kulkas yang berfungsi untuk mengeluarkan panas dari dalam kulkas.

Moms harus memastikan kumparan kondensor selalu dalam kondisi bersih. Ketika kumparan kondensor tertutup debu, kulkas tidak dapat bekerja secara efisien, yang dapat mengakibatkan peningkatan konsumsi energi dan berkurangnya umur kulkas.

Baca Juga : Tips Merawat Kulkas Agar Tidak Bau dan Alami

Untuk membersihkannya, Moms bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  • Setiap dua tahun sekali, tarik mesin kulkas dari dinding untuk mengakses gulungan kumparan kondensor di bagian belakang atau lepas kisi-kisi jika gulungan berada di bagian bawah depan.
  • Cabut steker kulkas dan gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu dari kumparan kondensor.

2. Isi Kulkas dengan Bijak

Isi kulkas dengan bijak. Kulkas pada dasarnya membutuhkan “massa termal,” yaitu banyaknya bahan makanan di dalamnya, untuk mempertahankan suhu rendah sambil menggunakan lebih sedikit energi.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga isi kulkas tetap cukup, tetapi jangan terlalu penuh. Makanan dan minuman yang dingin dapat membantu menyerap udara hangat yang masuk saat Moms membuka pintu kulkas.

Namun, pastikan Moms tidak mengisi kulkas terlalu banyak sehingga menghambat sirkulasi udara di sekitar bahan makanan.

3. Atur Suhu yang Tepat

Penting untuk mengatur suhu kulkas dengan tepat. Suhu yang salah dapat mengakibatkan kulkas bekerja terlalu lama atau tidak cukup lama, yang dapat mengurangi umur kulkas dan meningkatkan konsumsi energi.

Suhu ideal kulkas adalah antara 2 hingga 4 derajat Celsius, sementara suhu freezer sebaiknya diatur pada minus 17 derajat Celsius.

4. Periksa Segel Pintu Kulkas

Segel atau karet pintu kulkas yang longgar dapat menyebabkan udara dingin keluar dari kulkas, yang berarti kulkas harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu yang sesuai.

Pertama, pastikan segel pintu bebas dari sisa-sisa makanan. Selanjutnya, kita dapat membersihkan segel pintu kulkas sekitar dua kali setahun menggunakan sikat gigi dan campuran soda kue dengan air.

Setelah membersihkan segel pintu, coba tes dengan meletakkan selembar uang kertas di antara pintu kulkas. Jika uang kertas mudah digeser atau terlepas, itu mungkin tanda bahwa segel pintu perlu diganti.

Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat menjaga kulkas tetap awet tahan lama dan menghindari biaya servis yang tidak perlu.

Perawatan yang baik akan memastikan kulkas berfungsi dengan optimal dan tetap menjadi aset berharga dalam rumah tangga. Semoga tips ini bermanfaat dan kulkas di rumah selalu dalam kondisi prima!

Temukan Artikel Viral kami di Google News