Media Inspirasi Masa Kini

7 Rahasia Keutamaan Puasa Ramadhan Yang Mesti Diketahui

Ramadhan

HarianLampung.co.id – 7 Rahasia Keutamaan Puasa Ramadhan Yang Mesti Diketahui. Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah dan ampunan, telah menyapa umat Islam dengan hangatnya.

Di balik ibadah puasa yang diwajibkan, terpancar tujuh cahaya keutamaan yang menanti untuk digapai.

1. Menjinakkan Nafsu, Menerangi Jiwa

Puasa Ramadhan bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu, ia adalah latihan spiritual untuk menjinakkan hawa nafsu, mengantarkan jiwa pada ketenangan dan kesucian.

Baca Juga : Daftar Gift Code Ojol The Game 11 Maret 2024, Cek Cara Klaim Kode

2. Mensyukuri Nikmat Tersembunyi

Saat berbuka puasa, rasa syukur atas nikmat Allah SWT begitu terasa. Rasa lapar dan dahaga yang ditahan selama seharian menjadi pengingat atas nikmat makan dan minum yang seringkali luput dari rasa syukur.

3. Membangun Kepekaan dan Kepedulian

Puasa membangkitkan empati dan kepedulian terhadap sesama. Rasa lapar dan dahaga yang dirasakan menjadi pengingat akan kondisi mereka yang kurang mampu, mendorong untuk berbagi dan membantu.

4. Menggapai Ampunan dan Pengampunan

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Bagi mereka yang tulus menjalankan ibadah puasa, dosa-dosa di masa lampau dijanjikan Allah SWT akan diampuni.

5. Membuka Pintu Surga, Menutup Pintu Neraka

Keutamaan Ramadhan selanjutnya adalah dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka. Ini menjadi simbol bahwa bulan ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan ketaatan dan menjauhi maksiat.

6. Malam Lailatul Qadar, Hadiah Tak Ternilai

Di bulan Ramadhan, terdapat malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Malam penuh kemuliaan ini menjadi kesempatan untuk memanjatkan doa dan memohon ampunan.

7. Meningkatkan Derajat dan Ketaatan

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan akan mengangkat derajat seorang hamba di sisi Allah SWT. Ketaatan dan rasa syukur pun akan semakin meningkat.

Tujuh cahaya keutamaan Ramadhan ini merupakan hadiah istimewa bagi umat Islam. Mari manfaatkan bulan ini sebaik-baiknya untuk menempa diri, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meraih kebahagiaan sejati.

Temukan Artikel Viral kami di Google News