Media Inspirasi Masa Kini

Jelang Pilkada 2024: KPU Lampung Tengah Catat Pendaftaran PPK, Total 700 Calon

Jelang Pilkada 2024 KPU Lampung Tengah Catat Pendaftaran PPK, Total 700 Calon

HarianLampung.co.id – Jelang Pilkada 2024: KPU Lampung Tengah Catat Pendaftaran PPK, Total 700 Calon. Semangat demokrasi di Lampung Tengah kian berkobar!

Sebanyak 700 pendaftar siap bersaing menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Antusiasme ini, meskipun terbilang lebih rendah dibandingkan seleksi PPK Pemilu 2024, menunjukkan komitmen masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi di daerahnya.

Komisioner KPU Lampung Tengah, Siti Marfuah Darojati, menjelaskan bahwa target pendaftar PPK di wilayahnya adalah 900 orang.

Namun, hanya 70% pendaftar yang menyelesaikan proses pendaftaran hingga batas waktu yang ditentukan. “Pendaftaran sudah ditutup pada 29 April 2024,” ujar Marfuah.

Para pendaftar yang telah menyelesaikan berkas pendaftaran akan menjalani serangkaian seleksi sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Hasil seleksi akan diumumkan pada 15 Mei 2024 mendatang. Untuk Pilkada 2024, KPU Lampung Tengah membutuhkan 140 orang PPK.

Meskipun antusiasme pada seleksi PPK Pilkada 2024 tidak setinggi Pemilu 2024, Marfuah melihat hal ini sebagai sebuah peluang untuk menjaring calon PPK yang benar-benar berkualitas dan memiliki komitmen tinggi dalam menjalankan tugasnya.

Mengapa Pendaftaran PPK Pilkada 2024 Kurang Diminati?

Marfuah menduga, tingginya antusiasme pada seleksi PPK Pemilu 2024 disebabkan oleh banyaknya pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang mendaftar.

Hal ini berbeda dengan seleksi PPK Pilkada 2024 yang didominasi oleh pendaftar dari kalangan umum.

Proses Seleksi Calon PPK Pilkada 2024

Para pendaftar PPK Pilkada 2024 akan menjalani beberapa tahap seleksi, yaitu:

– Seleksi Administrasi: KPU akan meneliti kelengkapan dan keabsahan berkas pendaftar.

– Tes Kemampuan Dasar (TKD): Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan dasar pendaftar, seperti pengetahuan umum, pengetahuan tentang kepemiluan, dan kemampuan berbahasa.

– Tes Wawancara: Tes ini bertujuan untuk menggali lebih dalam tentang motivasi, integritas, dan kemampuan komunikasi pendaftar.

Harapan KPU Lampung Tengah

KPU Lampung Tengah berharap dapat menjaring calon PPK yang terbaik dan berkualitas untuk menyukseskan Pilkada 2024. Marfuah juga mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam mengawal proses demokrasi di daerahnya.

Temukan Artikel Viral kami di Google News