Media Inspirasi Masa Kini
News  

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Ramadan 2023 di Kota Metro Lampung

Ramadhan

HarianLampung.co.id – Jadwal imsak dan buka puasa Ramadan 2023 di Kota Metro Lampung pada Jumat, 24 Maret 2023 telah resmi dirilis oleh Kementerian Agama RI. Simak informasi terkait jadwal imsak dan buka puasa Ramadan 2023 Kota Metro Lampung di bawah ini:

1 Ramadan 1444 H (Kamis, 23 Maret 2023)

Imsak: 04:38

Subuh: 04:48

Zuhur: 12:08

Ashar: 15:18

Magrib: 18:11

Isya: 19:19

Doa Niat Puasa Ramadan

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Ramadan dalam bahasa Arab, latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin an’adai fardi syahri ramadhani hadzihisanati lillahita’ala.

Artinya: “Saya berniat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Keutamaan Puasa Ramadan

Pada bulan Ramadan, umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan, minum, merokok, dan berhubungan seksual mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain itu, di bulan suci ini juga diperintahkan untuk menghindari perbuatan dosa untuk menyempurnakan pahala puasa.

Bulan Ramadan juga memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim, di antaranya sebagai berikut:

  1. Pahala 1.000 Kali Lipat

Keutamaan puasa Ramadan yang paling utama adalah Allah SWT akan melipatgandakan amalan kebaikan hingga 1.000 kali lipat. Hal ini diungkapkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, ‘Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya.'”

  1. Bulan Pengampunan

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat dan pengampunan dari Allah SWT. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadan dengan iman dan mencari pahala dari Allah SWT, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu.”

Temukan Artikel Viral kami di Google News