Media Inspirasi Masa Kini

BPBD Lampung Tengah Petakan Wilayah Rawan Banjir

ilustrasi banjir

HarianLampung.co.id –┬áKabupaten Lampung Tengah tidak luput dari ancaman banjir, terutama di beberapa kecamatan yang menjadi sorotan.

Meski demikian, langkah-langkah antisipasi telah diambil oleh Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Rawan Banjir: Bandar Surabaya dan Bekri

Salah satu titik rawan banjir di Kabupaten Lampung Tengah terletak di Kecamatan Bandar Surabaya, tepatnya di Kampung Cabang.

Menurut Kepala BPBD Lampung Tengah, Makmuri, Jumat, 29 Desember 2023, langkah preventif telah diambil.

Begitu juga di Kecamatan Bekri, di Kampung Goras Jaya, yang kini telah terhindar dari bencana banjir setelah dibangun tanggul penangkis.

Empat Kampung Lainnya Masih Rentan

Namun, tantangan masih ada. Empat kampung di Kabupaten Lampung Tengah tetap rentan terhadap banjir. Kampung Gunung Batin Baru, Gunung Batin Udik, Kampung Gunung Batin Ilir, dan Kampung Bandar Agung di Kecamatan Terusan Nunyai masih perlu perhatian ekstra.

Langkah Antisipasi Pemerintah

Kepala BPBD Lampung Tengah, Makmuri, menjelaskan bahwa pemerintah telah mengambil beberapa langkah antisipasi untuk mengatasi potensi banjir.

Salah satunya adalah memberikan peringatan dini di wilayah rawan bencana saat cuaca ekstrem melalui pesawat radio HT dan melalui relawan kampung tangguh bencana.

Wilayah Terdampak dan Peran Masyarakat

Meskipun demikian, beberapa wilayah kecamatan juga tetap berpotensi mengalami banjir saat intensitas hujan tinggi. Namun, semua instansi pemerintah terkait telah siap siaga menghadapi kemungkinan tersebut.

Kecamatan yang Harus Waspada

Kepala BPBD juga menyampaikan kecamatan-kecamatan yang harus mewaspadai intensitas hujan tinggi, yaitu Kecamatan Selagai Lingga, Kota Gajah, Gunungsugih, Terbanggibesar, Way Pengubuhan, Anak Tuha, dan Kalirejo.

Peran Kodim Lamtim dalam Mengatasi Ancaman Banjir

Dalam upaya mengantisipasi banjir, Kodim Lamtim turut ambil bagian dengan membersihkan irigasi. Ini merupakan langkah konkret untuk mencegah potensi banjir di wilayah tersebut.

Kesigapan Seluruh Instansi Terkait

Penting untuk dicatat bahwa kesigapan seluruh instansi pemerintah terkait menjadi kunci dalam menghadapi potensi bencana banjir.

Koordinasi yang baik dan langkah-langkah preventif dapat membantu melindungi masyarakat dari dampak yang mungkin timbul.

Temukan Artikel Viral kami di Google News