Media Inspirasi Masa Kini
News  

Pemilu 2024: Cara Pantau dan Kawal Penghitungan Suara

Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Lampung Berjalan Lancar

HarianLampung.co.id – Pemilu 2024: Cara Pantau dan Kawal Penghitungan Suara. Pemilu 2024 telah memasuki tahap rekapitulasi penghitungan suara.

Warga negara Indonesia saat ini diajak untuk ikut serta memantau dan mengawal proses penghitungan suara yang akan berlangsung hingga pertengahan Maret.

Platform Kawal Pemilu: Ikut Serta dalam Pengawalan

Kawal Pemilu, sebuah platform populer untuk pengawalan proses penghitungan suara, kini menjadi pilihan banyak warga.

Berdiri sejak tahun 2024, platform ini telah menjadi sarana utama bagi banyak individu untuk berkontribusi dalam menjaga transparansi dan akurasi pemilu.

Cara Berkontribusi melalui Kawal Pemilu 2024

Untuk berpartisipasi dalam mengawal Pemilu 2024 melalui Kawal Pemilu, langkah-langkahnya cukup sederhana:

  1. Akses laman kawalpemilu.org atau kunjungi link berikut.
  2. Masuk menggunakan akun email-mu.
  3. Pilih Provinsi -> Kota/Kabupaten -> Kecamatan -> Kelurahan -> No. TPS atau gunakan fitur “Cari” untuk menemukan lokasi TPS.
  4. Ambil foto C.HASIL-PPWP atau C.HASIL SALINAN-PPWP halaman 2 yang jelas menunjukkan nomor TPS dan lokasinya (kelurahan, kecamatan), serta angka perolehan tiap pasangan calon.
  5. Pastikan data yang dimasukkan telah final dan ditulis dalam format angka dan huruf yang jelas.
  6. Isi angka perolehan tiap paslon dan klik “Kirim”.
  7. Tunggu hasil review dari moderator Kawal Pemilu.

Pantau Real Count KPU dan Quick Count

Data real-time dari KPU dapat dipantau melalui website resmi mereka di https://pemilu2024.kpu.go.id/. Selain itu, hasil quick count dapat disaksikan di CNBC Indonesia TV atau melalui laman khusus pemilu CNBC Indonesia.

Pengertian Exit Poll, Quick Count, dan Real Count

  1. Exit Poll: Metode survei yang dilakukan dengan mewawancarai pemilih setelah meninggalkan TPS untuk menggambarkan populasi. Meskipun hasilnya bisa diperoleh dengan cepat, metode ini tidak dapat dijadikan acuan resmi.
  2. Real Count: Proses penghitungan suara yang mencakup hasil dari seluruh TPS di Indonesia. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena melibatkan berbagai tahapan dari tingkat TPS hingga pusat.
  3. Quick Count: Metode yang paling populer, dengan menghitung persentase hasil pemilu dari sejumlah TPS yang menjadi sampel. Hasilnya dapat diketahui pada hari yang sama dengan pemilu dilaksanakan.

Perbedaan Ketiga Metode

Ketiga metode ini memiliki perbedaan yang signifikan. Quick count digunakan untuk mengetahui hasil pemilu dengan cepat, sedangkan real count mencakup semua suara dari seluruh TPS. Exit poll, di sisi lain, merupakan survei pendapat dari pemilih setelah mereka keluar dari TPS.

Temukan Artikel Viral kami di Google News