Media Inspirasi Masa Kini

Pemkab Lampung Barat Bantu Masyarakat Terdampak El Nino dengan 4 Ton Beras

Beras Operasi Pasar SPHP

Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat telah menggelar aksi kemanusiaan dengan membagikan 4 ton 130 kilogram beras kepada masyarakat di Kecamatan Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) pada hari Selasa.

Perhatian Khusus untuk Masyarakat Terdampak El Nino

Asisten Bidang Prekonomian dan Pembangunan, Wasisno Sembiring, menyampaikan bahwa penyaluran beras ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Lampung Barat terhadap masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino.

“Mengingat dalam kurun waktu hampir tiga bulan ini kita terdampak El Nino, sehingga berdampak terhadap pertanian.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyerahkan bantuan beras sebanyak 4 ton 130 kilogram kepada masyarakat Kecamatan Suoh dan BNS,” jelasnya di Liwa, Selasa.

Allokasi Bantuan untuk Setiap Kepala Keluarga

Sembiring juga mengungkapkan bahwa beras yang disalurkan akan diperuntukkan bagi 179 Kepala Keluarga di Kecamatan Suoh dan 234 Kepala Keluarga di BNS.

“Setiap KK akan menerima 10 kilogram beras,” tambahnya.

Harapan untuk Meringankan Beban Petani

Beliau berharap, bantuan ini dapat memberikan bantuan signifikan kepada para petani, terutama mereka yang menggantungkan hidup dari usaha pertanian di Suoh dan BNS.

Saat ini, kedua daerah ini mengalami kekeringan sebagai dampak dari El Nino.

“Semoga dengan adanya penyaluran beras ini dapat meringankan para petani, mengingat saat ini dua daerah itu tidak mengalami kekeringan dampak El Nino,” ujarnya.

Rasa Terima Kasih dari Masyarakat Suoh dan BNS

Edi Setiawan, yang mewakili masyarakat Suoh dan BNS, mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan berupa beras ini.

“Saya mewakili masyarakat Suoh dan BNS menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat atas penyaluran beras ini,” kata Edi.

Menurutnya, bantuan ini sangat berarti bagi masyarakat Suoh dan BNS. “Dengan adanya bantuan ini kami sangat merasa terbantu, mengingat saat ini lahan pertanian mengalami kekeringan dampak El Nino,” ujar dia.

Penyaluran Beras di Gudang Bulog Pekon Watas

Proses penyaluran beras ini dilaksanakan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit.

Acara ini diawasi langsung oleh Asisten Bidang Prekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring, didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Maidar, dan Kepala Dinas Sosial Jaimin.

Dengan aksi ini, diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh fenomena El Nino, khususnya para petani yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah ini.

Semoga kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk bersama-sama mengatasi dampak dari perubahan cuaca yang ekstrem ini.

Temukan Artikel Viral kami di Google News