Media Inspirasi Masa Kini

Waspada, Menggunakan Semprotan Nyamuk di Kabin Mobil Bisa Berbahaya

harianlampung.co.id – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/06/16/f8286LtF/semprotan-nyamuk-hit-d0a3.jpg”>

Nyamuk, makhluk kecil yang satu ini bisa dibilang biang dari bermacam penyakit mulai malaria, chikungunya, kaki gajah, zika hingga demam berdarah. Semua penyakit tersebut berbahaya bahkan cukup mematikan. Karenanya berbagai upaya dilakukan untuk mengusir nyamuk, terutama yang hidup dan berkembang dekat dengan manusia.

Yang pertama sering terlintas di kepala manakala ada nyamuk di dalam ruangan adalah mengusirnya dengan semprotan nyamuk. Perlakuan ini sebaiknya tidak dilakukan untuk mengusir atau membunuh nyamuk di kabin mobil. Menurut Spesialis autodetailing dan paint protection, Autoglaze Indonesia penggunaan semprotan nyamuk biasa bisa mendatangkan memicu masalah bagi kesehatan pengendara.

“Itu (obat nyamuk semprot) kandungan kimianya terlalu tinggi, itu sangat tidak sehat jadinya. Tapi kalau bisa usir kecoa bisa, untuk kesehatan bahaya,” tutur Marketing Manager Autoglaze Indonesia, Stephen Setyadi seperti dikutip dari Detik, (14/6/2019).

Baca Juga  Terlihat Eksklusif di Jalan, Berikut Cara Dan Biaya Pilih Nopol Cantik

Obat nyamuk dalam bentuk apapun memiliki kandungan kimia berbahaya

Jika dilihat dari kandungannya, obat nyamuk semprot setidaknya mengandung 4 zat aktif berbahaya yaitu, Propoxur, Transfluthrin, Dichlorovinyl Dimethyl Phospate (DDVP), dan Diethyltoluamid (DEET). Keempatnya bisa dengan mudah terhirup melalui pernafasan atau menempel di bagian interior mobil.

Disarankan oleh Stephen pengendara menggunakan cara fogging khusus untuk mengusir nyamuk di kabin mobil. Dan jika tidak memiliki peralatan atau tidak mengerti teknik yang tepat disarankan agar pemilik membawa mobilnya ke spesialis untuk mendapatkan penanganan yang aman. Seperti Autoglaze Indonesia yang tidak hanya ahli detailing dan paint protection, tapi juga menyediakan layanan fogging tanpa membahayakan kesehatan penumpang.

Baca Juga  4 Jenis Mobil yang Sesuai Karaktermu!

“Fogging gunanya buat bunuh nyamuk dan bakteri kuman di mobil. Paling kita ada dua layanan buat sehari-hari buat kesehatan juga,” ujar Stephen.

Memang tak begitu rumit karena permasalahan nyamuk di kabin mobil bisa diatas oleh sang ahli. Namun akan lebih baik jika pemilik selalu menjaga kebersihan kabin terutama dari sisa-sisa makanan agar kabin senantiasa bersih, elok dipandang, nyaman, sehat serta tidak mudah didatangi nyamuk maupun binatang pengganggu lain. Terutama lagi usahakan untuk tidak parkir di dekat saluran air yang mampet atau air yang menggenang yang menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk.

Baca Juga  Bentley Batur, GT Buas Edisi Terbatas Dengan Nama Bernuansa Indonesia

Parkir di dekat saluran air, tutup semua pintu dan jendela untuk menghindari masuknya nyamuk ke dalam mobil

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”