Media Inspirasi Masa Kini
News  

Turki Tahan 25 Tersangka Kasus Tambang Meledak, Termasuk Direktur Perusahaan

harianlampung.co.id – Pihak berwenang Turki menahan 25 tersangka kasus tambang meledak yang menewaskan 41 orang. Salah satu tersangka yang ditahan adalah direktur tambang itu.

Dilansir AFP, Jumat (28/10/2022), ledakan itu menghancurkan tambang dekat kota batu bara kecil Amasra di pantai Laut Hitam Turki. Insiden maut itu terjadi pada 14 Oktober lalu.

Baca Juga  KPK Dalami Kewenangan Bupati Mamberamo Tengah Ikut Kerjakan Proyek

Menurut kantor berita Anadolu, 25 tahanan itu termasuk direktur tambang Cihat Ozdemir.

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menjanjikan penyelidikan penuh atas ledakan itu. Dia mengatakan ‘tidak ada yang akan selamat’ jika laporan kecelakaan menentukan siapa yang bertanggung jawab.

Kerabat korban tewas mengatakan kepada AFP dan media Turki bahwa para penambang telah mengeluhkan bau gas di tambang selama sekitar 10 hari sebelum ledakan.

Baca Juga  Beli Perak Jadi Saran Robert Kiyosaki Agar Bisa Kaya

Sementara itu, pihak oposisi menuduh pemerintah gagal mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah bencana.

Turki mengalami bencana pertambangan batu bara paling mematikan pada tahun 2014 ketika 301 pekerja tewas dalam ledakan dan kebakaran berikutnya yang meruntuhkan poros pertambangan di kota barat Soma.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website detik.com. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga  Kabar Baik! Jokowi Pede RI OTW Jadi Negara Maju