Media Inspirasi Masa Kini

Review Suzuki All New Ertiga 2018: Mobil Keluarga yang Mengedepankan Gaya

harianlampung.co.id – All New Ertiga | New Ertiga 2018

PT Suzuki Indomobil Motor mengambil momen Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 ketika meluncurkan Suzuki All New Ertiga 2018. Kalau dilihat, penampilan mobil multipurpose vehicle (MPV) ini benar-benar berubah.

Tim redaksi akan mengulas lebih dalam perubahan dan performa mobil keluarga ini dibanding seri sebelumnya.

Desain dan style

Dimensi All New Ertiga 2018 lebih panjang dan lebar dari sebelumnya. Panjang keseluruhan mencapai 4.395 milimeter, lebar 1.735 milimeter, dan tinggi 1690 milimeter. Pada bagian eksterior, perubahan desain terletak di bumper, kap mesin, dan grill, yang menunjukan betapa kokohnya mobil ini.

Pada bagian belakang terdapat desain garis yang dibuat mengalir secara dinamis. Dipadu lampu LED yang terintegrasi dengan garnish belakang, tampilan sisi belakang semakin terlihat sporty dan stylish.

Bagian samping juga mendapat sentuhan desain garis baru dan moderen. Atap lebih rendah di bagian belakang untuk memberikan tampilan sporty dan aerodinamis.

Baca Juga  Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Tutup Radiator

Dibanding seri sebelumnya, interior mobil tampak mewah dan elegan berkat aksen pola kayu besar yang membungkus panel interior di dashboard. Panel layar dan audio Ertiga menerapkan sistem layar sentuh, dan sangat mudah menghubungkannya dengan smartphone berkat teknologi bluetooth.

Punya kapasitas 7 penumpang dewasa, baris antar kursi juga lebih lega. Kursi baris kedua bisa digeser sejauh 240 milimeter untuk memudahkan penumpang masuk ke baris ketiga. Fleksibilitas kursi baris kedua cukup baik. Kursi bisa dilipat ke atas atau ke bawah, bahkan ketika kursi baris kedua ditarik ke belakang.

Untuk kursi pengemudi, kursi bisa ditinggikan hingga 60 milimeter, sehingga dapat menyesuaikan dengan tinggi si pengemudi. Sementara kursi baris ketiga bisa disandarkan 16 derajat. Bisa dilipat untuk membuat ruang bagasi yang hampir rata dengan model pelipatan 50:50. Kapasitas bagasi lebih besar, mencapai 803 liter

Performa

Suzuki mengklaim konsumsi bahan bakar All New Ertiga 2018 ini irit, 18,09 Km/L untuk transmisi manual dan 16,73 Km/L untuk transmisi otomatis.

Baca Juga  Ekspansi ke Sulawesi, MG Motors Resmikan Outlet MG Kairagi Manado

Mesin mobil All New Ertiga tak lagi berkapasitas 1.400 cc, melainkan 1.500 cc dengan kode K15B. Tenaga yang dihasilkan mencapai 104,7 daya kuda dan torsi 138 Newton meter.

Menurut media Viva.co.id, saat mesin dinyalakan, raungan mesin masih sama dengan versi sebelumnya: K14B yang kapasitasnya 1.400cc. Namun bagusnya, meski transmisi matiknya masih konvensional respon tenaga bawahnya terasa tak lemot dan tetap halus.

Karena area pengetesan berjarak pendek, bejakan gas tak bisa maksimal. Tapi dirasa dari diam sampai 4.000 rpm tenaganya meningkat, meski operan gigi otomatisnya tidak terlalu cepat — ketika speedometer menunjukkan 40 kilometer per jam kami sudah harus menginjak pedal rem.

Lalu untuk handling sangat responsif dan radius putarnya juga luas. Ketika menikung tajam dengan dimensi yang lebih panjang, mobil ini masih sangat lincah.

Soal sistem keselamatan dan keamanan penumpang, mobil ini sudah terbilang baik. Karena dilengkapi beragam fitur seperti (electronic stability Programme), anti – lock braking system, electronic brake-force distribution, hill hold control, immobilizer, serta dua airbag depan, sensor parkir mundur. Rem depan cakram dan belakang tromol

Baca Juga  Knalpot Mobil Diesel Keluar Asap Putih? Cek Bagian Ini

Awal Mei lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pun mengumumkan harga untuk semua tipe All New Ertiga. Tipe terendah All New Ertiga (GA) dibanderol Rp 193 juta (GA) dan Rp 238,5 juta untuk tipe tertingginya (GX) ESP – on the road. Secara keseluruhan harga Suzuki Ertiga mengalami kenaikan sebesar Rp 2-5 juta dibanding sebelumnya.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”