Media Inspirasi Masa Kini

Empat Cara Mengemudi Mobil yang Baik Agar Rem Mobil Tahan Lama

harianlampung.co.id – Menjaga komponen rem mobil agar lebih tahan lama, ternyata ada caranya. Salah satunya dengan memahami cara mengemudi mobil yang baik seperti di bawah ini. Hal ini berlaku baik untuk mobil transmisi manual. Dengan begitu, pengemudi bisa menunda pengeluaran untuk mengganti komponen dan berkendara juga lebih nyaman.

Jangan ngebut

Cara mengemudi mobil manual dengan kecepatan tinggi cenderung lebih berisiko memakan umur kampas rem. Gaya mengemudi mobil ini membutuhkan penekanan rem yang cukup banyak sebagai upaya pengendalian kecepatannya. Pengemudi bisa mengakalinya dengan melakukan pengereman secara bertahap untuk menurunkan kecepatan. Tindakan ini membantu mengurangi keausan pada rem mobil.

Baca Juga  Sekarang Bikin SIM Harus Tes Psikologi

Hindari rem mendadak

Risiko melakukan pengereman keras dan mendadak adalah tekanan dan sobekan pada bantalan rem. Sebaiknya saat akan mengerem, biarkan mobil meluncur sebentar, kurangi kecepatan, lalu tekan pedal rem secara halus dan perlahan. Gunakan teknik pivot untuk menekan rem dengan mulus dan konsisten.

Dinginkan mobil

Rem pada mobil berfungsi dengan mengubah energi gerak ke energi panas melalui media gesekan. Jika terus digunakan, akan meningkatkan suhu piringan dan kampas rem. Maka dari itu, jika pengemudi memiliki rencana berkendara jarak jauh, sempatkan beristirahat pada interval 2-3 jam sekali, untuk mendinginkan mesin dan sistem rem. Cara ini juga sekaligus bermanfaat agar pengemudi bisa melepas lelah agar bisa tetap fokus mengemudi sampai tujuan.

Baca Juga  Lokasi SIM Keliling Sabtu 29 Oktober 2022, Polisi Bongkar Alasan SIM Tidak Berlaku Seumur Hidup

Optimalkan engine brake

Penggunaan engine brake dengan baik saat mengerem, sangat membantu proses pengereman lebih lembut. Caranya adalah dengan menginjak pedal rem dan menurunkan persneling gigi ke yang lebih rendah. Adanya engine brake juga sekaligus mengurangi beban kerja rem dalam menghentikan kendaraan. Teknik pengereman dengan engine brake sangat direkomendasikan ketika pengemudi melakukan pengereman di medan turunan. Engine brake membantu pengemudi lebih menghemat kanvas rem.

Baca Juga  Jaguar Umumkan Line Up Model Andalan di Indonesia, Dealer Baru Hadir Tahun Ini

Yang tidak kalah penting dari cara mengemudi mobil manual agar rem mobil lebih awet adalah usahakan tetap kontrol diri saat berkendara khususnya dalam melakukan pengereman. Karena, kondisi pengereman akan sangat optimal dan efektif bila pengemudi tidak panik.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://harianlampung.co.id adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://harianlampung.co.id tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”